Sabtu, 09 Januari 2010

Hatta Rajasa terpilih dalam Kongres III PAN di Batam


Calon ketua umum Hatta Rajasa akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) 2010-2015. Kemenangan itu diraih setelah pesaingnya, Dradjad Wibowo, menyerahkan posisi ketua umum kepada Hatta setelah diminta oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Amien Rais.
Baik Hatta maupun Dradjad sebelumnya sempat menyampaikan visi dan misi sebagai calon ketua umum. Setelah pembacaan visi dan misi, Amien Rais berpidato dan menceritakan tentang adanya pertemuan antara Hatta dan Dradjad pada pukul 01.10 WIB.
Setelah Amien, giliran Dradjad yang berpidato menyampaikan rasa terima kasih. "Demi kepentingan partai yang lebih baik, saya mendukung Hatta menjadi ketua umum," ungkapnya.
Drajad Wibowo, calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), mengundurkan diri dari kompetisi pucuk pimpinan PAN beberapa saat sebelum sidang pemilihan itu dimulai di Batam, Sabtu (9/1/2010).
"Demi Ukhuwah, Insya Allah, Hatta Rajasa memimpin PAN," kata Drajad dan disambut teriakan pendukungnya.
Seusai mengeluarkan pernyataan itu, Drajad langsung disalami Amien Rais sesaat sebelum ditetapkan menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN. Amien terpilih dan ditetapkan secara aklamasi dalam rapat pleno Kongres PAN.
Sebelumnya, Amien Rais mengatakan sudah ada kesepakatan antara Dradjad dan Hatta Rajasa di sela-sela sidang AD/ART, Jumat dini hari. Dalam pertemuan itu, menurut Amien, Hatta Rajasa duduk di sebelah kanan, sedangkan Dradjad di sebelah kiri.
Amien kemudian menyanyikan lagu Bimbo. "Matahari di sebelah kanan, rembulan di sebelah kiri ... ," tutur Amin.
Dalam pertemuan itu disepakati bahwa proses pemilihan hanya berlangsung lima setengah menit. "Tidak ada voting," kata Amien. Pernyataan Amien itu membuat beberapa pendukung Amien dan Dradjad kecewa. Beberapa di antaranya meminta agar proses voting tetap berlangsung.
Dengan mundurnya Dradjad dari bursa ketua umum PAN, maka otomatis Hatta Rajasa terpilih menjadi Ketua Umum PAN 2010-2015 secara aklamasi. Sementara itu, begitu mengumumkan pengunduran diri, Drajad langsung meninggalkan ruang pemilihan dengan dikawal beberapa pendukungnya.

0 komentar:

Posting Komentar